Cara Membuat HP Menjadi CCTV Agar Pengamanan Semakin Praktis

Diposting pada

Cara membuat HP menjadi CCTV –  Dewasa ini, kamera CCTV sudah dipasang di berbagai tempat. Tujuannya tentu saja adalah guna meminimalisir terjadinya tindak kejahatan berupa penculikan dan perampokan.

Pada umumnya, pemasangan CCTV dilakukan dengan cara meletakannya secara tersembunyi di DVR (Digital Video Recorder). Akan tetapi, seiring kemajuan teknologi cara membuat HP menjadi CCTV layak untuk Anda coba karena pengawasannya lebih praktis. Berikut ini adalah alternatif cara yang bisa dipilih.

Dalam satu jaringan (Wi-Fi)

IP Webcam melalui Google Playstore
IP Webcam melalui Google Playstore

Penerapan cara ini membutuhkan akses jaringan Wi-Fi baik itu melalui penambatan hotspot maupun router. Langkah-langkah yang Anda terapkan untuk membuat HP menjadi CCTV menggunakan jaringan Wi-Fi sebenarnya relatif mudah.

Secara umum, Anda hanya perlu menghubungkan ponsel Android dengan perangkat untuk melihat. Entah itu berupa komputer PC, laptop maupun smartphone yang Anda gunakan. Agar lebih jelas, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti.

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi IP Webcam melalui Google Playstore. Kemudian, install aplikasi tersebut pada smartphone yang ingin Anda jadikan CCTV.
  2. Lalu, aktifkan hotspot Wi-Fi (tethering) pada handphone Android yang akan dijadikan kamera CCTV. Selanjutnya, hubungkan perangkat komputer PC, laptop maupun smartphone ke hotspot Wi-Fi. Apabila di tempat Anda terdapat router, maka tidak perlu mengaktifkan hotspot Wi-Fi karena prosesnya otomatis dimana tinggal mengkoneksikan perangkat.
  3. Setelah itu, bukalah aplikasi IP Webcam pada ponsel Android Anda dan sentuh opsi Start Server.
  4. Cara membuat ponsel menjadi CCTV berikutnya yang mesti Anda lakukan adalah melihat pada bagian bawah layar. Umumnya, disitu akan muncul link yang tampilannya menyerupai IP Address.
  5. Bukalah link yang sudah Anda catat tersebut melalui perangkat laptop maupun smartphone Android.
  6. Terakhir, supaya Anda dapat menonton secara live streaming lakukan pengaturan. Kali ini, pilihlah opsi video beserta audio renderer yang Anda inginkan.

Menggunakan koneksi internet

Menggunakan Ivideon
Ivideon

Cara membuat HP menjadi CCTV yang kedua ini memang sedikit lebih unggul dibandingkan dengan langkah pertama. Sebab dengan mengubah HP menjadi CCTV menggunakan koneksi internet Anda dapat melakukan live streaming pemantauan dari jarak jauh.

Namun, pertimbangkan juga risiko yang dihadirkan oleh cara ini dimana kuota internet akan lebih banyak terkuras. Berikut ini adalah langkah-langkahn yang bisa Anda aplikasikan.

  1. Pada tahap awal, Anda terlebih dahulu harus membuka aplikasi IP Webcam. Berikutnya, dikarenakan Anda akan melakukan pemantauan CCTV jarak jauh, maka pilih Cloud Streaming.
  2. Kemudian, pastikan juga bahwa smartphone Anda mendukung untuk melakukan live streaming dari jarak jauh. Caranya cukup mudah dimana tinggal menyentuh opsi Test Compatibility. Selanjutnya, Anda dapat login ke akun Ivideon dan centang pada Cloud Streaming Active. Bila belum memiliki akun ini Anda sebaiknya melakukan registrasi dulu.
  3. Berikutnya, tekan tombol Back dan sentuh pada Start Server.
  4. Terakhir, buka perangkat komputer PC dan laptop Anda. Disini, Anda juga harus masuk ke dalam akun Ivideon. Ketika login sudah dilakukan, sekarang siaran langsung dapat Anda tonton dari kamera smartphone Android.

Penggunaan cara pertama maupun kedua sebenarnya relatif mudah untuk diaplikasikan. Meskipun kedua cara membuat HP menjadi CCTV tersebut mudah, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan aspek kekurangannya.

Misalnya, pada cara pertama Anda harus memiliki router Wi-Fi. Kemudian, pada penerapan cara yang kedua kuota internet Anda akan lebih banyak terkuras. Jadi, pilihlah salah satu dari kedua cara di atas yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *