Cara Melacak HP Android yang Hilang Menggunakan Nomor IMEI

Diposting pada

Cara Melacak HP Android yang Hilang Menggunakan Nomor IMEI – Handphone merupakan barang elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Kini hampir semua kalangan sudah memiliki handphone dan tidak terkecuali anak-anak. Handphone memiliki peran penting dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Banyak kegiatan yang dipermudah dengan adanya handphone.

Namun sebaliknya jika handphone yang dimiliki hilang maka hal tersebut akan menambah masalah. Seseorang yang kehilangan ponselnya pasti akan sangat kebingungan sekali. Oleh karena itu bagi anda yang merasa kehilangan smartphone maka anda harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menemukan handphone yang hilang. Salah satunya adalah cara melacak hp android yang hilang menggunakan nomor imei.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk melacak dan menemukan hp android yang hilang. Jadi tidak hanya nomor imei saja yang bisa digunakan untuk melacak hp android yang hilang. Namun menggunakan nomor imei merupakan cara terbaik yang bisa digunakan untuk melacak hp android yang hilang. Anda sebenarnya juga bisa menggunakan GPS namun hal tersebut perlu beberapa hal yang harus diperhatikan.

Cara Melacak HP Android yang Hilang Menggunakan Nomor IMEI

Cara Melacak HP Android yang Hilang Menggunakan Nomor IMEI

Sebelum mengetahui bagaimana caranya melacak hp android, anda juga harus mengetahui pengertian dari nomor IMEI itu sendiri. IMEI merupakan kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity.

Nomor IMEI memang dimiliki oleh setiap handphone, bisa dibilang bahwa nomor ini adalah identitas dari handphone itu sendiri. Jumlah nomor IMEI yang ada di handphone tergantung dengan jumlah kartu yang digunakan. Apabila nomor yang digunakan 2 SIM maka nomor IMEI yang tersedia juga 2.

Baca Juga: 6 Aplikasi Baca Novel Terbaik dan Terlengkap Untuk Pecinta Buku

Begitupun jika nomor yang digunakan satu SIM maka nomor IMEI yang digunakan hanya satu. Nomor IMEI memiliki arti yang sangat penting sebab nomor IMEI merupakan identitas resmi dari sebuah handphone yang dimiliki oleh pemilik. IMEI yang ada di dalam handphone bisa anda dapatkan dengan beberapa cara mulai dari :

1. Menghubungi dial up *#06# maka akan muncul nomor IMEI yang tampak di layar.

2. Membuka baterai hp kemudian lihat bagian dalam handphone, biasanya terdapat 15 atau 16 angka yang muncul. Angka tersebut merupakan nomor IMEI.

3. Membuka melalui menu pengaturan yaitu dengan cara membuka menu pengaturan kemudian pilih menu tentang telepon atau about phone kemudian cari nomor IMEI (cara ini khusus untuk pengguna android).

Apabila anda sudah mengetahui nomor IMEI maka langkah yang selanjutnya adalah melacak hp menggunakan nomor IMEI.

1. Menggunakan Google Find My Device

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk melacak hp adalah menggunakan Google Find My Device. Cara ini membutuhkan nomor IMEI yang dapat membantu anda melacak hp.

Menggunakan Google Find My Device
1. Buka situs Google Find My Device.
2. Kemudian akan tampil tiga opsi yang muncul pada tampilan layar.
3. Langkah yang ketiga adalah memilih salah satu opsi. Saran terbaik adalah memilih Secure Device atau amankan perangkat.
4. Apabila anda memilih opsi amankan perangkat berarti perangkat handphone anda akan terkunci secara otomatis.
5. Langkah yang terakhir adalah melacak keberadaan smartphone dengan melihat tampilan peta. Anda juga bisa mengaktifkan play sound yang akan mempermudah pelacakan smartphone.

2. Menghubungi operator

Cara melacak hp android yang hilang menggunakan nomor IMEI juga bisa anda gunakan untuk menghubungi operator. Cara ini bisa anda lakukan jika cara yang pertama tidak bisa dilakukan. Langkah yang bisa anda lakukan adalah:

Menghubungi operator
1. Mengunjungi service center operator yang merupakan operator dari kartu SIM anda yang hilang.
2. Service center operator akan menanyakan nomor IMEI maka anda harus memberikannya.
3. Apabila pihak operator yang membantu surat keterangan hilang dari polisi maka anda juga harus memberikannya.
4. Apabila sudah maka operator akan memproses data yang anda berikan. Kemudian kartu SIM yang hilang akan langsung terkoneksi dengan nomor IMEI yang anda berikan.
5. Dengan begitu anda bisa langsung melacak lokasi HP anda yang hilang.

3. Menggunakan situs Find My Iphone (khusus pengguna iphone)

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan :

Menggunakan situs Find My Iphone (khusus pengguna iphone)
1. Buka menu pengaturan pada perangkat iphone anda.
2. Kemudian pilih menu icloud yang tersedia di dalam menu pengaturan.
3. Apabila sudah membuka situs icloud maka langkah yang selanjutnya adalah memasukkan akun Apple ID anda.
4. Setelah itu pilih menu Find My iPhone. Apabila sudah dipilih maka akun anda akan langsung terhubung dengan handphone anda yang hilang.
5. Apabila terjadi masalah berupa sambungan internet maka anda bisa memilih untuk menerima email yang berisi dimana lokasi keberadaan handphone anda yang hilang.

Cara melacak hp android yang hilang menggunakan nomor IMEI anti gagal diatas bisa anda coba jika anda merasa kehilangan hp dan ingin segera menemukannya. Melacak nomor hp menggunakan IMEI memang sangat mudah namun anda perlu mengetahui nomor IMEI yang ada pada perangkat smartphone anda.

Dari beberapa cara diatas bisa anda pilih sesuai dengan selera, apabila anda kesulitan untuk menggunakan cara yang pertama maka anda bisa menggunakan cara yang kedua atau yang ketiga.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *