Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Battery Calibration

Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Battery Calibration – Baterai adalah sebuah komponen utama dalam sebuah Hp serta perangkat portable modern lain. Baterai yang sering dipakai oleh Hp adalah baterai yang bisa diisi ulang. Namun baterai tersebut tentu tidak bisa digunakan selamanya atau mempunyai masa pakai. Seiring berjalannya waktu, tentu saja masa pakai baterai bisa berkurang. Terlebih lagi bila perangkat dipakai terlalu berlebihan setiap hari, tentu masa pakai baterai akan cepat menurun. Oleh sebab itu, solusinya bisa dilakukan dengan cara kalibrasi baterai android dengan baterai calibration.

Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Battery Calibration

Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Battery Calibration

Kalibrasi brand baterai smartphone haruslah dilakukan dengan tepat. Cara ini sebaiknya harus segera dilakukan saat proses pengisian daya smartphone tidak berjalan. OS android punya fitur baterai stats. Dimana disana terdapat indikator layar ponsel cerdas yang menunjukkan kapasitas daya baterai.

Bila indikator tidak menunjukkan angka nol namun ponsel padam itulah saatnya anda harus melakukan kalibrasi. Bila smartphone memakai baterai tanam, anda bisa perhatikan apakah cover tertutup rapat atau ada celahnya. Sebaiknya anda segera beli baterai baru bila kondisinya sudah bengkak.

Cara kalibrasi baterai android dengan battery calibration bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang ingin mengembalikan performanya. Saat anda ingin menggunakan baterai calibration tentunya ini harus menggunakan akses root terlebih dahulu. Semuanya akan kita bahas secara tuntas disini.

Pengertian Kalibrasi Baterai

Sistem didalam sebuah perangkat baru, biasanya dapat membaca status baterai secara tepat. Namun ketika baterai mulai bermasalah, maka sistem akan mengalami kesulitan membaca status baterai dengan akurat. Bila hal ini terjadi, maka baterai kemungkinan sudah waktunya harus dikalibrasi.

Adakalanya data yang ditampilkan tidak sesuai dengan data sebenarnya. Misalnya status baterai tersedia 90% dan bisa bertahan 12 jam. Tetapi nyatanya ponsel tidak lama kemudian mati karena dayanya habis. Kalibrasi baterai sendiri merupakan proses normalisasi baterai supaya sistem bisa membaca status real dengan akurat.

Cara melakukan kalibrasi baterai baterai Hp sebenarnya cukup mudah. Ini bisa anda lakukan tanpa harus datang ke pusat layanan untuk perangkat anda. Disamping itu, hasil kalibrasi baterai juga dapat membantu anda untuk menentukan apakah anda sebaiknya membeli perangkat baru atau tidak. Namun yang harus diingat mengkalibrasi baterai sebenarnya tidak bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja baterai. Tetapi hanya membantu sistem untuk membaca status baterai dengan lebih akurat.

Baca Juga: Mengetahui Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Tidak Mudah Lowbat

Kalibrasi Baterai Android dengan Battery Calibration

Kalibrasi Baterai Android dengan Battery Calibration 1

Untuk menggunakan Battery Calibration ini maka anda perlu akses root. Metode ini pada dasarnya mempunyai proses yang sama dengan metode yang dilakukan tanpa root. Tetapi anda harus memakai aplikasi pihak ketiga yang perlu akses root agar kinerja nya lebih handal. Dalam hal ini adalah aplikasi Battery Calibration.

Langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menggunakan Battery Calibration pertama biarkan perangkat yang anda gunakan kehabisan baterai sampai mati dengan sendirinya. Lalu isi baterai tanpa menghidupkan perangkat dan biarkan sampai terisi penuh sampai indikator layar menunjukkan 100%.

Selanjutnya cabut berangkat dari pengisi daya dan hidupkan perangkat anda. Bila indikator baterai di layar tidak menunjukkan 100% isi lagi sampai indikatornya menunjukkan angka 100% dan biarkan perangkat tetap dalam kondisi hidup. Cabut perangkat dari pengisian daya kemudian lakukan restart. Bila indikator baterai kembali tidak menunjukkan 100% isi ulang baterai sampai 100%.

Anda bisa mengulang langkah ini sampai indikator baterai berada di angka 100%. Sesudah perangkat di restart tanpa harus tersambung pada pengisi daya install aplikasi Battery Calibration. Sebelum menjalankannya pastikan indikator baterai 100%. Bila sudah dijalankan, restart perangkat. Jika berangkat hidup kembali,segeralah jalankan aplikasi tadi dan melakukan kalibrasi ulang baterai perangkat anda.

Jika proses kalibrasi sudah selesai, biarkan baterai perangkat kosong tanpa diisi ulang dan biarkan mati dengan sendirinya. Lalu isi ulang baterai sampai penuh lagi pada kondisi mati tanpa interupsi apapun. Maka presentase baterai sistem android dalam hal ini akan diatur ulang.

Recovery Mode

Recovery Mode

Bila langkah di atas belum berhasil anda bisa menggunakan langkah kedua yaitu dengan masuk pada recovery mode. Biasanya setiap smartphone short key nya berbeda-beda. Bisa biasanya bisa dilakukan dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume naik pada smartphone.

Anda tinggal pilih menu advanced section lalu cari opsi hapus statistik baterai. Kuras daya baterai dan charger tanpa putus arusnya. Jika daya sudah penuh, anda tinggal nyalakan gadget tanpa mencabut charger. Buka aplikasi Battery Calibration dan sentuh tombol calibrate, cabut charger lalu tutup aplikasi.

Recovery Mode Aplikasi Battery Calibration

Cara kalibrasi baterai android dengan Battery Calibration ini bisa anda coba agar status baterai pada smartphone anda kembali normal. Selain itu, anda bisa terapkan tips untuk mengaktifkan aplikasi android yang penting saja. Hal ini bertujuan untuk menghemat umur baterai. Kurangi intensitas dan juga kecerahan layar smartphone. Pakai charger yang original dan jauhkan ponsel dari suhu panas berlebih. Anda juga bisa terapkan power saving mode agar baterai anda lebih awet.

Artikel Menarik Lainnya :

You May Also Like

AnonyTun Team

About the Author: AnonyTun Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *