Cara Install MIUI 10 Final di Smartphone Xiaomi dengan Mudah

Cara Install MIUI 10 Final di Smartphone Xiaomi dengan Mudah – Baru-baru ini, ada kabar gembira bagi Anda para Mi fans. Kabar yang dimaksud ialah resmi dirilisnya MIUI 10 Global Stage (Final). Dengan demikian, Anda bisa mendownload dan menginstall program ini untuk digunakan pada beberapa seri smartphone Xiaomi. Lalu, bagaimana cara install MIUI 10 Final di ponsel Xiaomi Anda?

Sebelum membahas pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, program MIUI 10 Final sudah tersedia di server update Xiaomi. Sementara itu, khusus untuk versi OTA, update program ini belum dirilis. Jadi, jika Anda ingin menginstallnya sekarang, maka prosesnya harus dilakukan secara manual.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa proses install secara manual tentu bisa berdampak buruk terhadap perangkat. Jadi, sebaiknya Anda bersabar untuk menunggu roll out publik MIUI 10 Global Stage melalui OTA. Kedua, program yang satu ini belum bisa diterapkan pada seluruh smartphone Xiaomi. Sejauh ini, baru ada segelintir ponsel pintar pabrikan Xiaomi yang mendukung MIUI 10 Final. Smartphone tersebut adalah Xiaomi Mi Mix 2, Mi Mix 2S, Mi 5, Mi 6, Redmi Note 5 Pro dan Mi Note 2.

Cara Install MIUI 10 Final di Smartphone Xiaomi

install MIUI 10 final xiaomiBerikut panduan praktis menginstall MIUI 10 final :

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel Anda termasuk ke dalam kategori smartphone di atas.
  2. Selanjutnya, Anda diharuskan untuk mengunduh berkas ROM MIUI 10 sesuai tipe ponsel.
  3. Sebelum dilanjutkan ke proses instalasi, cek kembali apakah smartphone Anda sudah dalam kondisi root. Selain itu, pastikan juga bahwa custom recovery seperti TWRP sudah terinstall.
  4. Apabila unduhan ROM MIUI 10 sudah selesai, maka pindahkan berkas yang berbentuk zip ke memori internal.
  5. Lakukan restart pada smartphone Xiaomi Anda. Setelah hidup kembali, pilih mode recovery untuk masuk ke menu TWRP.
  6. Setelah masuk, pilih opsi Wipe dengan cara melakukan swipe ke kanan. Fungsi Wipe pada TWRP adalah untuk mengapus sistem operasi MIUI yang telah terinstall. Lalu, ponsel akan melakukan proses transisi menuju MIUI 10.
  7. Apabila proses Wipe telah selesai, Anda bisa langsung melakukan proses install MIUI 10. Cara pertama adalah dengan mengklik tombol install. Kemudian navigasi akan mengarahkan ke file zip ROM yang ada di memori internal. Klik file tersebut serta swipe ke kanan untuk melakukan konfirmasi pilihan install.
  8. Jangan klik reboot system pasca instalasi, cukup kembali ke tampilan utama TWRP.

Kekurangan sistem operasi MIUI 10 Final

MIUI 10MIUI 10 Final adalah sistem operasi buatan Tiongkok. Walau menghadirkan fitur terbaru, program ini tetap saja tidak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangan yang ada pada MIUI 10 adalah tidak tersedia aplikasi Google. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan aplikasi search engine ini maka harus instalasi secara manual.

  1. Pertama, unduh Google Application Package (GAPPS). Lalu, pindahkan file ini ke memori internal ponsel. Caranya melalui TWRP menggunakan menu Mount pilih opsi Enable MTP.
  2. Lakukan proses instalasi dengan mengklik install selanjutnya pilih file GAPPS format zip yang berada di memori internal.
  3. Setelah proses ini rampung, lakukan reboot system untuk menikmati macam-macam fitur terbaru Xiaomi.

Sebagai pengguna setia Xiaomi, Anda tentu bisa menerapkan cara install MIUI 10 Final pada ponsel. Dengan catatan, perangkat Anda miliki termasuk salah satu dari enam kategori smartphone yang mendukung MIUI 10. Selain itu, pertimbangkan juga dampak negatif yang dihadirkan dari proses install MIUI 10 pada smartphone. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

Anisa Tri Astuti

Anisa Tri Astuti

Saya adalah Writer di AnonyTun.com - Don't give up when you still have something to give. Nothing is really over until the moment you stop trying.

Tinggalkan Komentar