Cara Flash Hp Android Paling Mudah 100% Berhasil

Diposting pada

Cara Flash Hp Android Paling Mudah 100% Berhasil – Anda mungkin pernah menemukan berbagai masalah yang terjadi pada Hp android yang digunakan sehari-hari. Baik masalah hardware maupun software.

Tetapi umumnya masalah yang sering terjadi di Hp android adalah masalah software seperti bootloop, force stop, sampai gangguan malware atau virus. Berbagai masalah tersebut ternyata bisa diatasi dengan cara flash hp android.

Cara Flash Hp Android Paling Mudah 100% Berhasil

Cara Flash Hp Android Paling Mudah 100% Berhasil

Cara flash Hp android adalah salah satu penginstalan ulang sistem yang ada pada smartphone. Cara ini tergolong ampuh untuk mengatasi kendala yang sering terjadi pada Hp android. Bahkan cara ini bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Saat melakukan flashing, maka Hp android anda akan kembali tampilannya seperti tampilan saat anda baru membeli Hp. Semuanya hadir dengan software bawaan yang sudah disediakan oleh brand Hp anda. Itu artinya anda akan kehilangan seluruh aplikasi dan juga data yang sudah terinstal atau tersimpan di memori internal.

1. Memakai Fitur Recovery

Memakai Fitur Recovery

Salah satu cara yang paling mudah jika anda ingin melakukan flashing yaitu dengan memakai fitur recovery yang ada pada smartphone anda. Tinggal menggunakannya dengan cara masuk ke menu pengaturan. Kemudian memilih menu recovery Hp.

Sebelum anda melakukan recovery anda ditawarkan membackup data. Sebaiknya anda melakukannya bila memang anda punya berbagai macam data penting di smartphone anda. Anda dapat melakukan bila penyimpanan lewat aplikasi penyimpanan eksternal atau membackup di kartu memori eksternal. Bisa juga memindahkan data ke perangkat lain seperti laptop dan PC.

Selanjutnya anda bisa langsung mengaktifkan recovery yang berjalan beberapa saat. Sampai akhirnya proses sistem tampil seperti smartphone baru ketika anda membelinya. Disamping cara ini, anda juga dapat memanfaatkan fasilitas kombinasi tombol volume dan juga tombol power untuk bisa masuk dalam menu recovery. Namun sebelumnya anda harus mematikan smartphone anda terlebih dahulu.

Penggunaan fitur recovery ini hanya dapat dipakai untuk masalah smartphone yang proses pengaktifannya tidak terganggu dan masih dapat digunakan. Bila anda mempunyai masalah kasus smartphone yang mati suri atau mati total pastinya anda tidak dapat menggunakan cara ini.

Baca Juga: Ini Dia 6 Aplikasi Setelah Root ini Wajib Ada di Android Anda

2. Flash Lewat CWM

Flash Lewat CWM

Untuk menggunakan cara flash yang satu ini pastikan firmware atau stockrom telah tersimpan di sd card anda. Anda masuk ke menu CWM recovery lalu tekan volume up + power bersamaan di setiap handphone untuk bisa masuk ke menu recovery. Sebenarnya setiap handphone berbeda-beda anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk dipilih satu persatu:

  • tahan volume up + home + power secara bersamaan
  • tahan volume up + power secara bersamaan
  • tahan volume down + power secara bersamaan

Jika sudah masuk ke CWM anda pilih wipe factory atau data reset. Pilih wipe cache partition, menu install zip from sd card, wipe dalvik cache bila tersedia dan pilih firmware atau stock rom yang telah tersimpan di sd card. Selanjutnya proses flash nantinya akan berjalan dan tunggu saja hingga selesai, reboot system. Proses ini akan berlangsung sekitar 10 menit.

3. Flashing dengan PC dan Laptop

Flashing dengan PC dan Laptop

Anda harus tahu bahwa tidak semua smartphone dapat berhasil melakukan flash tanpa laptop atau PC. Sebab ada beberapa tipe Hp yang harus dilakukan flashing dengan menggunakan bantuan laptop atau PC. Agar bisa melakukan flashing dengan PC atau laptop, maka anda harus menyiapkan beberapa perangkat berikut ini.

Anda harus siapkan driver smartphone yang dapat berupa CD drive yang diperoleh ketika membeli smartphone. Atau bisa juga download di internet. Driver ini harus di-instal di PC atau laptop yang digunakan untuk membuat perangkat bisa mengenali smartphone anda saat telah disambungkan.

Stock rom atau firmware. Ini merupakan file OS yang menyatu dan akan dimasukkan dalam Hp ketika proses flash sedang berlangsung. Anda bisa memperoleh file ini lewat internet atau website resmi dari brand dan hp yang anda miliki.

Siapkan juga software flashing. Ada berbagai macam software flashing yang bisa anda peroleh. Tetapi yang banyak digunakan adalah sp flash tool, Odin atau software research download.

4. Cara Flash Android dengan PC

Cara Flash Android dengan PC (1)

Setelah semua perangkat tersedia, anda bisa mulai melakukan flashing. Pertama ekstrak seluruh file yang sudah didownload seperti firmware. Lalu install driver dan software flashing di laptop atau PC. Matikan smartphone dan cabut baterai nya sekitar 10 detik.

Selanjutnya masuk ke mode download dengan kombinasi tombol home, volume down dan power dengan serentak. Sampai muncul tulisan warning di layar smartphone anda. Bila sudah, anda bisa menghubungkan smartphone dengan kabel data PC atau laptop. Kemudian buka aplikasi Odin yang sudah diinstal.

Cara Flash Android dengan PC (2)

Anda lihat di bagian yang memiliki tulisan ID:COM. Bila tidak ada itu artinya smartphone anda belum terkoneksi dan ulangi penyambungan kabel data. Bila tulisan tadi sudah muncul anda dapat ceklis di kolom auto reboot dan Nand Erase All.

Klik tombol AP lalu cari file firmware yang sudah disediakan. Anda dapat memulai proses flashing dengan mengaktifkan tombol start. Bila sudah berubah menjadi tulisan Pass itu artinya cara flash hp android yang anda lakukan sudah selesai.

Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *