Cara Defragmentasi Hardisk PC di Windows Agar Performa Jauh Lebih Melesat!

Cara Defragmentasi Hardisk PC di Windows Agar Performa Jauh Lebih Melesat! – Memiliki PC yang melesat cepat adalah dambaan setiap orang. Dengan kemampuannya yang cepat untuk memproses segala program yang kita butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kita kerjakan, maka akan memberikan efek yang baik pula seperti misalnya adalah waktu terpangkas lebih singkat. Sehingga tugas-tugas yang mengantri lainnya tidak menumpuk karena lama diselesaikan.

Jika membutuhkan PC dengan kemampuannya yang cepat, pasti kita akan berpikir untuk membeli PC dengan harganya yang relatif mahal. Jika mahal, spesifikasi didalamnya pasti memiliki level yang tinggi seperti prosesor Intel Core i7 Gen 8, RAM kapasitas besar seperti 8GB misalnya dan Hardisk dengan merk yang mahal seperti WD. Padahal untuk membuat PC jauh lebih melesat tak harus selalu dibandingkan dengan spesifikasi yang tinggi. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita merawat dan menggunakannya.

Mengapa hardisk masuk dalam kategori yang disebutkan mengenai performa PC? Karena hardisk memiliki kemampuan membaca data, sehingga data apapun yang kita buka maka ia akan memprosesnya tergantung dari spesifikasi hardisk itu sendiri. Kemudian ia juga berpengaruh terhadap kecepatan, sebab kita pasti pernah yang namanya menghapus data dan data yang dihapus itulah yang membuah sampah dihardisk bisa menumpuk.

Untuk itu Admin kali ini akan memberikan salah satu cara untuk mempercepat PC dengan defragmentasi hardisk. Langsung saja ke pembahasan berikut ini.

Cara Defragmentasi Hardisk PC di Seluruh Windows Agar Performa Jauh Lebih Melesat!Cara Defragmentasi Hardisk Diseluruh Seri Windows

Sebelumnya apa maksud dari defragmentasi hardisk? Maksudnya adalah mengembalikan pecahan-pecahan file yang pernah kita utak-atik sebelumnya. Contohnya seperti ini, jika kita menghapus sebuah file atau uninstall software maka sisa-sisa yang terhapus itu akan menyebar dari satu-kesatuan blok hardisk. Sisa-sisa itulah yang menyebabkan penumpukan pada hardisk, namun ia tidak tertata rapih.

Dengan kamu defragmentasi hardisk, maka file yang pecah atau berceceran menyebar itu dapat kembali lagi dan bersatu menjadi blok yang utuh. Lalu bagaimana cara untuk melakukan defrag tersebut? Mudah saja langkah-langkahnya, mari simak berikut ini.

  1. Buka This PC/My Computer > Pilih Partisi Hardisk > PropertiesPropertis Partisi Hardisk
  2. Buka tab menu Tools lalu pilih opsi Optimize.Tools dan Optimize
  3. Selanjutnya jendela defragmentasi hardisk terbuka. Sekarang kamu klik Analyze untuk mengetahui seberapa besarkah defragmentasi yang diperlukan untuk menyatukan kembali semua file-file yang terpisah atau berceceran dalam hardisk.Klik Analyze Untuk Analisa Hardisk
  4. Ketika proses analisa hardisk sudah selesai, maka akan muncul hasilnya dalam bentuk persentase. Silakan klik Optimize untuk memulainya.Hasil Analyze Hardisk
  5. Tunggu hingga beberapa menit lamanya hingga prosesnya selesai.

Jika kamu mengecek hardisk kamu dan ternyata berkurang jumlahnya, kamu tidak perlu kaget karena itu adalah hal biasa jika setelah defragmentasi. Pada beberapa hari ke depan ia akan kembali lagi dengan sendirinya sesuai dengan jumlah yang sebelum berubah. Lalu kamu hanya perlu melakukan defragmentasi ketika sudah diatas 10% dan tak hanya itu kamu juga bisa menggunakan Scheduled Optimization agar hardisk kamu secara otomatis ter -defragmentasi secara otomatis.

Demikian pembahasan kali ini, semoga dengan cara sederhana ini dapat meningkatkan kemampuan performa PC kamu jauh lebih melesat daripada sebelumnya. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

Antonio Gunawan

Antonio Gunawan

Saya adalah Writer & Editor di AnonyTun.com - Manusia yang segera menuju impiannya lewat berdoa dan usaha

Tinggalkan Komentar