Tips Mudah Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB

Diposting pada

Tips Mudah Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB – Hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sudah tidak asing lagi dengan istilah internet. Saat ini, seluruh aspek pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari telah mengandalkan internet. Internet digunakan untuk mencari jawaban atau segala solusi dalam memecahkan masalah. Misalnya saja saat anda mencari berita, resep makanan, memesan barang dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimanakah cara berbagi internet dari PC ke Android via USB?

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lain. Transmission Control Protocol atau Internet Protoco Suite disingkat dengan istilah TCP/IP, merupakan standar teknologi pendukung yang digunakan secara umum. TCP/IP adalah protokol pertukaran paket yang dapat digunakan untuk miliaran lebih pengguna di seluruh dunia. Pada zaman dahulu, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan nama Paguyuban Network.

Sesuai dengan namanya, berarti mempunyai makna kekeluargaan atau kerjasama di antara para pengembang teknologinya. Namun, hal tersebut sangat berbeda dengan kondisi perkembangan internet Indonesia saat ini. Karena, sekarang lebih mengarah ke tujuan komersial. Tentu saja tidak hanya sisi negatifnya yang dapat dirasakan, pertumbuhan perusahaan komersial meningkat tajam dan ikut serta membangun ekonomi bangsa.

Tips Mudah Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB

Tips Mudah Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB

Internet yang terdapat pada sebuah perangkat Android dapat dikoneksikan pada sebuah PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB. Begitu pula sebaliknya, koneksi internet yang terdapat pada sebuah PC atau laptop dapat dihubungkan ke perangkat Android. Lalu, apa saja yang dibutuhkan saat akan menghubungkan koneksi internet antara PC dengan Android?

1. Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB

Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB

Cara berbagi internet dari PC ke Android via USB sangatlah mudah. Yang perlu dipersiapkan adalah perangkat PC atau laptop karena kita akan share koneksi internet dari PC tersebut. Yang kedua yaitu handphone Android yang akan diberikan koneksi internet dari PC tadi. Kemudian yang terakhir adalah kabel USB. USB merupakan alat tambahan yang diperlukan untuk menyambungkan koneksi internet dari PC ke Android.

Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB2

Setelah semua peralatan telah disiapkan, lantas bagaimanakah cara mengkoneksikannya? Tidak perlu merasa bingung, caranya sangatlah mudah. Yang pertama Anda cukup koneksikan PC dengan hp Android dengan menggunakan kabel USB. Kemudian masuk settingan Android dan pilih menu Wireless and Network. Pilih USB Internet, pada Menu select PC system version sesuaikan dengan system windows yang Anda pakai.

Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB3

Jika sudah, maka menu USB Internet pada PC akan muncul sebuah koneksi jaringan baru dengan basis Internet Sharing. Masuk ke settingan PC, kemudian Open Network and Sharing Center. Lalu klik Change Adapter Setting. Selanjutnya, klik kanan pilih Properties pada Koneksi Internet yang akan Anda Sharing.

Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB4

Langkah berikutnya yaitu tab Sharing. Kemudian pilih menu Allow other network user to this connet through this computer’s Internet connection. Pada menu Home Networking Connection, pilih koneksi jaringan baru yang terbentuk berbasis Internet Saharing tadi. Kemudian klik OK. Jika pada jaringan yang telah anda share mempunyai keterangan Shared, maka internet sudah dapat dipakai pada hp Android. Mudah sekali bukan caranya?

Baca Juga: Cara Kompres Foto Tanpa Merusak Kualitas Gambar

2. Kelebihan dan Kekurangan Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB

Menggunakan koneksi internet dari PC atau laptop untuk Android akan mempunyai dampak terhadap handphone tersebut. Tentu saja akan ada kelebihan dan kekurangan yang dirasakan, berikut kami akan mengulasnya. Kelebihan yang pertama yang dapat Anda rasakan adalah bisa internetan dengan menggunakan Android yang semula tidak bisa dilakukan. Dengan menggabungkan koneksi internet dari PC ke Android, maka Anda tidak perlu membeli paket data internet.

Tentu saja hal tersebut akan menjadikan poin plus karena anda lebih berhemat atau irit. Anda tidak perlu membeli lagi paket data untuk internet pada Android. Namun di samping itu, koneksi PC untuk hp Android juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya adalah baterai pada handphone akan cepat rusak. Hal ini dikarenakan hp terus menerus terhubung dengan USB. Secara otomatis, hp akan terus mengisi baterai dan itulah mengapa sebabnya akan cepat terjadi kerusakan. Selain baterai cepat rusak, tentu juga akan diikuti handphone yang cepat rusak juga.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Berbagi Internet dari PC ke Android Via USB

Untuk itu, jangan terlalu sering menghubungkan koneksi internet PC ke Android dengan kabel USB. Kemudian, dengan pengisian baterai secara terus menerus untuk internetan, maka hp juga akan mudah panas. Dampak-dampak di atas tentu saja akan membuat pemakaian share dengan kabel USB tidak bisa dilakukan berlama-lama. Karena akan menimbulkan kerusakan pada Android. Selain itu juga, dengan terus menancapkan USB antara laptop atau PC dengan Android, maka akan membuat tidak leluasa kemana-mana.

Cara berbagi internet dari PC ke Android via USB sangatlah mudah jika Anda menyimak artikel kami dari atas hingga selesai dengan seksama. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menjaga Android agar tidak mudah rusak. Misalnya saja, jangan terlalu lama atau sering menancapkan USB antara PC dan Android untuk share koneksi internet. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *