Aplikasi Video Pendek Byte Sudah Resmi Dirilis di iOS dan Android

Diposting pada

Aplikasi Video Pendek Byte Sudah Resmi Dirilis di iOS dan Android – Mungkin anda pernah mendengar salah satu aplikasi video pendek dengan durasi 6 detik yang bernama Vine. Sesudah aplikasi tersebut ditutup tahun 2017, sekarang penciptanya telah merilis ulang aplikasi tersebut dengan nama Byte. Pembuat aplikasi ini bernama Dom Hofmann. Saat ini Byte juga sudah dirilis untuk iOS dan juga Android.

Aplikasi Video Pendek Byte

Aplikasi Video Pendek Byte

Beberapa bulan sebelumnya, sebenarnya aplikasi ini telah dirilis dalam versi Beta. Selain itu, kemunculannya juga cukup mengejutkan. Mulanya pembuat aplikasi ini ingin memberinya nama Vine 2. Akan tetapi, pada akhirnya terpilihlah nama Byte untuk aplikasi video pendek ini.

Sebagai pengganti Vine, Byte yang sudah tersedia di smartphone Android atau Apple ini bisa merekam video singkat dengan durasi 6 detik. Hadirnya Byte cukup menjadi pesaing dari Bytedance yang bernama Tik Tok. Meskipun aplikasi Tik Tok bisa merekam lebih lama antara 6 hingga 15 menit dan untuk waktu maksimum 60 detik video.

Rencananya akan memberikan user layanan berbayar jika pembuat konten sukses dan banyak dilihat. Pastinya ini akan lebih menguntungkan sehingga pengguna bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dengan menggunakan Byte dibanding Tik Tok yang hanya digunakan sebagai hiburan saja.

Fitur Aplikasi Byte

Fitur Aplikasi Byte

Sementara ini berbagai macam fitur yang terdapat di dalam aplikasi Byte adalah pengembangan aplikasi berbagi video. Merekam audio dan video serta melihat komentar. Aplikasi juga bisa memblokir user yang tidak berkenan termasuk juga bisa melaporkannya. Ada pula tampilan statistik yang berada di halaman Byte. Sementara untuk registrasi yang baru, tidak memerlukan software keyboard dan juga update cache.

Selain memiliki banyak fitur menarik, aplikasi video pendek Byte ini juga cukup ringan. Hanya berukuran 7,1 MB dan memerlukan OS Android 5.1 atau versi yang lebih tinggi untuk bisa digunakan. Para pengguna aplikasi ini sangat mudah untuk memakai aplikasi yang hampir sama dengan Vine ini. Penggunanya dapat menonton berbagai video menarik serta membuat video kreatif. Selain itu, mengunggah foto dan video dari galeri smartphone dengan kamera Byte untuk merekam video dengan durasi 6 detik.

Dengan batasan waktu yang hanya 6 detik saja, ini menjadi tantangan bagi pengguna supaya bisa menghasilkan video singkat yang unik dan menarik. Dengan demikian, pengguna memerlukan trik supaya bisa merasa puas sesudah menciptakan video unik dalam jangka waktu yang singkat. Jika video sudah terlihat sempurna, maka pengguna bisa langsung mengunggah video ke Byte yang bisa dinikmati semua pengguna.

Penggunanya bisa memeriksa seluruh video pendek miliknya yang ada di kolom profil. Pada halaman utamanya, Byte menampilkan berbagai konten milik pengguna yang diikuti atau follow. Pengguna dapat mencari konten video berdasarkan dari kategori seperti comedy, musik, animasi, olahraga dan kategori lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Pengubah Suara Video Paling Populer dan Rekomended

Perbedaan Byte dengan Tik Tok

Perbedaan Byte dengan Tik Tok

Jika berbicara tentang aplikasi Byte ini memiliki beberapa perbedaan dengan aplikasi pesaingnya yaitu Tik Tok. Byte hanya menawarkan video pendek yang durasinya 6 detik, sementara Tik Tok hingga 15 detik dan bisa dirangkai sampai 1 menit. Sementara itu, basis penggunanya juga berbeda. Pengguna Byte secara blak-blakan mengaku bahwa mereka tidak suka dengan Tik Tok.

Kategori komedi juga sangat disukai dan berkembang dengan pesat di Tik Tok. Selain itu, pada Byte, video Tik Tok tidak disambut dengan hangat bagi pengguna Byte. Pengguna Tik Tok juga bisa memilih kategori yang dapat diatur sesuai keinginan. Mulai dari food, vlog, DIY, dance dan sport sampai animals. Ini membuat penggunanya bisa lebih inovatif.

Sampai saat ini aplikasi Byte sudah populer dan diunduh oleh jutaan kali. Bahkan dalam hitungan hari, aplikasi tersebut berada pada posisi nomor 1 di Appstore iOS Amerika. Sehingga Byte ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh dan digunakan. Hal yang sama juga dapat dilihat pada Google Play Store. Aplikasi Byte ini memiliki popularitas yang cukup tinggi. Mengingat saat ini Byte sudah menggasak naik pada urutan ke-6 aplikasi yang paling populer di Playstore Amerika.

Hal ini pastinya cukup menggoyang bagi Tik Tok. Bukan cuma karena Byte memperoleh traksi yang sangat baik. Tetapi dikarenakan aplikasi ini juga dilarang oleh pemerintah Amerika. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ini. Yaitu siapa dan konten apa yang akan dibuat pengguna. Juga fitur apa yang akan diberikan oleh Byte pada para penggunanya. Kedua hal ini bisa berpengaruh apakah Byte dalam bahaya atau tidak.

Byte Rilis di Indonesia?

Sayangnya ketika mencoba mengunduh aplikasi video pendek Byte di Playstore Android ada keterangan bahwasanya saat ini Byte belum tersedia di Indonesia. Sebenarnya aplikasi ini sudah tersedia pada versi Beta beberapa waktu yang lalu. Tetapi baru dirilis sekarang dan ini menjadi sebuah kejutan. Sebagai informasi, Hoffman sudah mengembangkan Byte beberapa tahun. Dirinya membuat Byte setelah berhenti dari aplikasi Vine. Beberapa waktu sesudah platform tersebut diakuisisi oleh Twitter.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *