Deretan Aplikasi Untuk Difabel Terbaik yang Mudah Dioperasikan

Deretan Aplikasi Untuk Difabel Terbaik yang Mudah Dioperasikan – Difabel memiliki keterbatasan yang membedakannya dengan orang normal. Dikarenakan memiliki keterbatasan, orang difabel tak bisa menjalankan rutinitasnya secara baik sebagaimana mestinya.

Walau demikian, kini sudah banyak aplikasi untuk difabel yang tersedia di Play Store. Adanya aplikasi ini memungkinkan penyandang disabilitas bisa berinteraksi dan berkegiatan layaknya orang normal. Maka dari itu, pastikan anda mengetahui apa saja aplikasi difabel tersebut.

Deretan Aplikasi Untuk Difabel Terbaik yang Mudah Dioperasikan

Deretan Aplikasi Untuk Difabel Terbaik yang Mudah Dioperasikan

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi untuk difabel yang bisa anda simak selengkapnya.

1. JakSL

JakSL

JakSL atau Jakarta Sign Language adalah salah satu aplikasi untuk difabel yang banyak direkomendasikan. Aplikasi ini menerjemahkan bahasa isyarat dengan basis video peraga. Aplikasi Jakarta Sign Language bisa dimanfaatkan oleh kalangan non-tuli yang ingin berinteraksi dengan insan tuli. Perlu untuk anda ketahui, aplikasi JakSL ini mempunyai ambang pendengaran telinga kiri mencapai 50 desibel dan kanan sebesar 110 desibel.

Aplikasi JakSL mampu menerjemahkan 600 kata dalam bahasa isyarat yang nantinya didokumentasikan dalam file video. Mengenai bahasanya, aplikasi ini menerapkan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Anda jangan sampai melewatkan aplikasi ini, terutama jika anda memiliki anggota keluarga maupun orang terdekat yang memiliki keterbatasan pendengaran. Dengan demikian, jalinan komunikasinya bisa berjalan secara lancar.

2. Difodeaf

Difodeaf

Anda juga bisa berkomunikasi dengan insan tuli menggunakan aplikasi Difodeaf. Aplikasi yang satu ini berperan penting sebagai kamus bahasa isyarat. Difodeaf terbukti mampu memudahkan anda dalam belajar bahasa isyarat sehingga komunikasi dengan insan tunarungu tetap bisa terjalin secara baik. Selain JakSL, anda juga jangan sampai melewatkan untuk memiliki aplikasi yang bertajuk Difodeaf ini.

3. Dyslexia Test and Training

Dyslexia Test and Training

Aplikasi lainnya yang juga bermanfaat untuk difabel yaitu Dyslexia Test and Training. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini sangat disarankan untuk penderita disleksia. Disleksia merupakan gangguan yang ada pada fungsi otak.

Dimana penderitanya mengalami kesulitan dalam menulis dan membaca. Sekilas hal tersebut seperti gangguan pada mata, namun bukan. Gangguan ini menyebabkan penderitanya sering salah tulis dan baca.

Setelah kehadiran aplikasi Dyslexia Test and Training, penderita disleksia bisa mengenali gangguan yang dialaminya. Apakah sudah membaik ataupun semakin parah. Selain itu, aplikasi Dyslexia Test and Training ini juga direkomendasikan untuk anda yang ingin melatih kemampuan kognitif. Aplikasi Dyslexia Test and Training ini juga bisa digunakan untuk mengecek apakah anda terkena disleksia atau tidak.

Baca Juga: Deretan Aplikasi Lowongan Kerja Dengan Info Terupdate dan Terlengkap

4. Locable

Locable

Locable atau Location for Difable terbukti sangat membantu penyandang disabilitas. Hal ini dikarenakan aplikasi Locable mampu menjawab kendala yang dialami oleh penderita difabel dalam mengakses tempat yang ramah untuknya.

Dengan memanfaatkan aplikasi Locable, maka penyandang disabilitas tak akan merasa kesulitan lagi dalam menemukan tempat yang aman dan nyaman. Seperti yang diketahui, tak semua tempat sesuai dan aman untuk difabel sehingga harus ekstra waspada.

5. Brailliac

Brailliac

Aplikasi Brailliac mampu membantu anda yang ingin berinteraksi dengan orang difabel. Hal ini dikarenakan aplikasi Brailliac berfungsi untuk mengajarkan bahasa Braille. Seperti yang diketahui, bahasa Braille bisa memudahkan dalam berkomunikasi dengan tunanetra.

Selain itu, aplikasi Brailliac ini juga disarankan untuk orang yang mengalami penurunan kualitas penglihatan. Anda tak perlu ragu untuk memanfaatkan aplikasi ini. Apalagi aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dioperasikan, tak terkecuali untuk pemula sekalipun.

6. Jubilitas

Jubilitas

Jubilitas atau Jual Beli Disabilitas bisa dimanfaatkan oleh difabel yang memiliki keinginan untuk berwirausaha. Seperti yang diketahui, tak semua jenis pekerjaan sesuai untuk difabel.

Namun dengan adanya aplikasi Jubilitas, penyandang disabilitas tetap bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu, jangan ragu untuk download aplikasi Jubilitas di Play Store sekarang juga.

7. uSound

uSound

Aplikasi untuk difabel lainnya yaitu uSound. Aplikasi yang satu ini bisa mengoptimisasi suara apapun itu. Oleh karena itu, pastikan anda memanfaatkan aplikasi ini dimanapun itu. Tak hanya di sekolah, anda juga bisa memanfaatkannya saat menonton TV, menghadiri rapat, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi ini memungkinkan anda untuk bisa mengubah frekuensi suara yang sesuai dengan anda. Pastikan anda segera download aplikasi yang bernama uSound ini di Play Store yang ada pada smartphone anda.

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

Ananda Sekti Yusman

Ananda Sekti Yusman

Saya adalah Founder dari AnonyTun.com - Hidup akan terasa lebih bahagia jika Anda dapat membawa kebahagiaan bagi orang sekitar.

Tinggalkan Komentar