Jenis Aplikasi Perusak Android yang Harus di Uninstal

Diposting pada

Jenis Aplikasi Perusak Android yang Harus di Uninstal- Adanya aplikasi pada smartphone sebenarnya dapat membuat pekerjaan anda lebih lancar. Akan tetapi tidak sedikit aplikasi yang sebaliknya malah membuat smartphone anda lebih berat, menjadi error, bahkan sampai menguras baterai. Hal ini disebabkan adanya beberapa aplikasi perusak Android yang tanpa kita sadari.

Jenis Aplikasi Perusak Android yang Harus di Uninstal

Jenis Aplikasi Perusak Android yang Harus di Uninstal

Pada Android Anda tentunya terdapat banyak aplikasi yang terinstal. Namun dengan terlalu banyak aplikasi yang terdapat pada Android Anda dapat membuat hp semakin lambat. Ada juga aplikasi yang memenuhi memory internal Anda dengan cache yang sangat banyak atau menguras kuota data Anda sehingga mengakibatkan borosnya dalam pembelian pulsa. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui aplikasi-aplikasi yang harus anda hapus guna memperlancar kerja Android Anda. Beberapa  jenis aplikasi perusak Android yang harus segera di uninstal untuk menghindari kerusakan  pada hp antara lain :

1. Berbagai Aplikasi Bawaan

Berbagai Aplikasi Bawaan

Banyak sekali aplikasi bawaan pada hp Android yang sangat jarang untuk digunakan atau tidak terpakai sama sekali. Aplikasi bawaan disebut juga bloatware. Agar tidak memenuhi memori internal pada hp Anda, sebaiknya aplikasi yang tidak digunakan dihapus saja. Untuk dapat menghapus aplikasi-aplikasi bawaan tersebut dibutuhkan akses root.

2. Browser Bawaan

Browser Bawaan

Di setiap hp Android pada umumnya memiliki browser bawaan yang telah terpasang yang biasanya dikembangkan oleh para produsen hp. Ada pula yang menyertakan Google Chrome sebagai browser bawaan pada Android. Tetapi kedua aplikasi ini cukup berat dijalankan. Dengan menjalankan browser bawaan ataupun Google Chrome akan menyita kuota data internet Anda. Hal ini dikarenakan browser-browser ini menampilkan website yang Anda buka secara apa adanya.

Anda dapat mengambil alternatif dengan menggunakan browser ringan seperti Opera Mini atau UC Browser Mini. Kedua browser ini dapat memperkecil penggunaan data anda karena mempunyai fitur kompresi yang sangat canggih, bahkan sampai 90%. Tetapi Anda tetap dapat melihat semua bagian yang ditampilkan pada halaman suatu website.

Baca Juga: Aplikasi Tweak Android Terbaik Tanpa Rooting 

3. Aplikasi AntiVirus

Aplikasi AntiVirus

Hp Android mempunyai sistem operasi yang sangat aman serta tidak mudah terkena virus. Maka Anda tidak perlu menginstal aplikasi anti virus pada Android Anda. Aplikasi antivirus gratis yang banyak terdapat di Play Store pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar serta cukup berat dijalankan. Hal ini disebabkan antivirus akan men-scan keseluruhan data yang terdapat pada memori internal dan eksternal hp Android Anda.

Virus atau malware justru sering masuk melalui koneksi hp Android ke komputer atau laptop yang tengah terinfeksi. Atau bahkan dari pemasangan aplikasi yang tidak aman serta tidak jelas sumbernya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasang aplikasi-aplikasi Android yang terdapat pada Google Play Store. Hal ini dikarenakan telah terjamin keamanannya.

4. Aplikasi Widget Cuaca

Aplikasi Widget Cuaca

Sebaiknya Anda menghapus aplikasi widget cuaca yang merupakan aplikasi bawaan ataupun yang Anda instal sendiri. Hal ini disebabkan aplikasi ini sangat memberatkan hp Android Anda. Dengan adanya update cuaca setiap hari akan membuat aplikasi ini berjalan secara terus-menerus tanpa Anda sadari.

Alternatif lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan layanan Google pada browser untuk dapat mengetahui keadaan cuaca saat ini, yakni dengan menyalakan fitur lokasi HP Anda, atau apabila Anda menggunakan jaringan WiFi, caranya dengan mengetik “weather” pada kolom pencarian Google. Cara ini cukup praktis tanpa menghabiskan kuota Anda, serta memori dan baterai hp Anda akan tetap aman.

5. Built in Browser

Aplikasi ini sering dipasang pada sistem hp di luar kota yang kebanyakan sangat lamban serta tidak terlalu populer. Biasanya Built in Browser dibuka saat Anda mengklik suatu tautan. Aplikasi ini tidak memiliki perlindungan dari intersepsi data sehingga menyebabkan lambatnya kinerja sistem Android Anda.

6. Aplikasi untuk Meningkatkan Jumlah RAM

Aplikasi untuk Meningkatkan Jumlah RAM

Pengoptimalan merupakan aplikasi yang mengklaim bahwa mereka dapat meningkatkan jumlah RAM. Pada kenyataannya mereka hanya bisa menghapus cache sementara. Anda tidak akan mendapatkan jumlah RAM lebih dari yang telah dimiliki ponsel sebelumnya. Aplikasi ini hanya akan menghabiskan sumber daya yang Anda miliki.

7. Cara Menghapus Aplikasi yang Bisa Merusak Android

Dengan menghapus aplikasi yang tidak penting atau tidak terpakai yang telah terinstal pada sistem Android Anda, hal ini dapat menambah kapasitas memori internal hp Anda. Untuk dapat menghapus aplikasi pada sistem atau memori internal, Anda harus root terlebih dahulu pada Android Anda.

Cara menghapus aplikasi sistem dengan jumlah banyak sekaligus pada Android Anda adalah dengan mendownload aplikasi System App Remover serta instal pada Android anda. Selanjutnya buka aplikasinya, pastikan akses root telah tersedia. Kemudian klik Systems Apps untuk memulai menghapus aplikasi sistem. Pilih semua aplikasi sistem yang akan Anda hapus, lalu klik uninstal. Tunggu hingga semua proses penghapusan selesai.

Itulah berbagai jenis aplikasi perusak Android yang wajib Anda hapus. Setelah aplikasi-aplikasi tersebut dihapus, maka Android Anda akan lebih ringan serta cepat, Anda juga lebih hemat baterai dan kuota data. Oleh karena itu, hendaknya anda lebih bijak dalam menginstal aplikasi pada Android Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *