4 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Terbaik di Android

Aplikasi penghemat kuota internet bisa menjadi salah satu aplikasi yang penting untuk smartphone Anda. Seperti yang kita tahu, kecepatan akses internet kadang membuat kita lupa untuk berhemat. Semakin lama kita berselancar di dunia maya, semakin cepat kuota kita habis. Masalah seperti ini tak hanya Anda yang mengalami, tetapi hampir setiap orang.

Di era digital seperti ini, kuota internet menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Satu hari saja kita tak terhubung dengan koneksi internet, beberapa pekerjaan pun akan terganggu. Sayangnya, kita sering lupa untuk menghemat penggunaan internet.

Supaya Anda tak perlu menghabiskan uang beratus-ratus ribu untuk membeli paket data, ada solusi yang cukup praktis. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi penghemat kuota internet semua kartu. Aplikasi semacam ini ternyata sangat bisa diandalkan, lho.

4 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Terbaik di Android

Aplikasi Penghemat Kuota Internet Terbaik di Android

Tak perlu bingung memilih mana aplikasi yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa aplikasi penghemat kuota yang sangat direkomendasikan untuk Anda.

1. My Data Manager

My Data Manager

Aplikasi pertama yang disarankan untuk Anda adalah My Data Manager. Aplikasi ini dikembangkan oleh Mobidia Technologi. Saat ini, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.

Fungsi utama aplikasi ini adalah bisa melacak seberapa banyak data yang sudah Anda gunakan. Pemantauan data secara real time ini bisa membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan internet. Ini penting untuk mencegah kuota internet yang tiba-tiba habis.

Cara kerja aplikasi ini adalah menginformasikan aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan data. Jika ternyata aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan, Anda pun bisa menghentikan aplikasi tersebut. Jadi, penggunaan data bisa lebih hemat.

Terkadang, beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang meskipun Anda tidak memakainya. Ini tentu bisa membuat paket data semakin boros dan memakan baterai. Anda perlu aplikasi penghemat kuota internet untuk smartphone Anda.

Aplikasi buatan Mobidia Technologi ini juga mempunyai rating yang cukup baik di Play Store, yaitu 4.5. Ukuran aplikasi ini adalah 12 MB.

2. Datally by Google

Datally

Aplikasi kedua ini dikembangkan sendiri oleh Google LLC. Datally sangat bisa diandalkan untuk menghemat data. Aplikasi ini juga sudah diunduh hingga 10 juta pengguna. Ada beberapa fitur penghemat data yang bisa Anda terapkan untuk menghemat kuota internet.

Aplikasi ini bisa membantu Anda melihat riwayat penggunaan data. Anda juga bisa mengatur penggunaan data, kira-kira aplikasi mana yang akan Anda jalankan dan mana yang akan Anda matikan. Untuk membuat pemakaian data lebih terkontrol, Anda bisa menentukan limit pemakaian kuota harian.

Yang lebih kerennya lagi, Anda bisa mengatur penggunaan data saat masuk waktu tidur. Anda bisa mengatur waktu, misal dari pukul 22.00 – 05.00. Pada waktu tersebut, paket data otomatis bisa dimatikan. Selain itu, Anda juga bisa membuat semacam emergency bank, semacam menyimpan kuota untuk digunakan pada waktu mendesak.

3. Data Eye

Data Eye

Ada juga aplikasi buatan LotusFlare Inc yang juga bisa diandalkan untuk menghemat data. Aplikasi bernama Data Eye ini sudah diunduh hingga 1 juta pengguna. Kira-kira, fitur-fitur apa saja yang ada pada aplikasi ini?

Seperti aplikasi penghemat kuota internet pada umumnya, aplikasi ini juga bisa membantu Anda mengatur penggunaan data, mana aplikasi yang ingin diaktifkan dan mana yang ingin dinonaktifkan. Anda juga bisa mengatur limit penggunaan data. Yang paling penting, ada fitur pengamanan untuk akses data internet.

4. Data Manager

Data Manager

Aplikasi terakhir yang bisa Anda pakai adalah Data Manager yang dikembangkan oleh TecDroid Developer. Aplikasi ini tidak sepopuler tiga aplikasi sebelumnya. Akan tetapi, cukup bagus untuk diinstall di smartphone Anda.

Aplikasi ini juga bisa melacak penggunaan data internet, mengatur penggunaan data, dan memberikan pemberitahuan jika data akan habis. Sistem antarmukanya juga sangat sederhana sehingga lebih enak digunakan. Satu hal yang membuat aplikasi ini layak diinstall adalah kapasitas memorinya yang sangat rendah, yaitu hanya 3.8 MB.

Setelah Anda menginstall aplikasi penghemat kuota ini, sekarang Anda dapat mengetahui penggunaan data Anda sehari-hari karena diaplikasi tersebut menampilkan laporan disetiap aplikasinya. Nah, agar dapat menghemat kuota itu kembali lagi kepada Anda dalam menggunakan internet.

Aplikasi penghemat kuota ini hanya berperan sebagai informasi dan pengingat yang dapat menekan penggunaan kuota internet Anda. Demikian adalah ulasan mengenai 4 aplikasi penghemat kuota internet yang direkomendasikan untuk Anda. Segera aktifkan salah satu aplikasi di atas untuk menghemat penggunaan data Anda.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave A Reply

Your email address will not be published.