5 Aplikasi Lite untuk Android Buat Smartphone dengan Spek Rendah

Diposting pada

5 Aplikasi Lite untuk Android Buat Smartphone dengan Spek Rendah – Tidak semua orang yang ada di dunia ini bisa membeli smartphone yang tergolong dalam kelas atas. Ada beberapa diantara mereka yang masih memakai smartphone dengan spek rendah atau masih di kelas low-end. Smartphone seperti ini cukup berat untuk menjalankan berbagai aplikasi terkini. Meski demikian, anda tak perlu khawatir. Sebab, sekarang sudah ada berbagai aplikasi Lite untuk Android yang bisa digunakan oleh smartphone dengan spek rendah.

5 Pilihan Aplikasi Lite untuk Android5 Aplikasi Lite untuk Android Buat Smartphone dengan Spek Rendah

Aplikasi Lite untuk Android adalah salah satu solusi yang tepat bagi mereka yang masih menggunakan Hp kentang. Hp kentang adalah sebutan bagi smartphone low end yang masih sulit untuk install beberapa aplikasi. Bahkan smartphone seperti ini sering ngehang atau menjadi lemot. Hal ini dikarenakan spesifikasi smartphone dan juga RAM yang masih kecil. Internal minim dan masih menggunakan prosesor jadul.

Berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi versi Lite yang bisa anda download untuk dijalankan di smartphone dengan spek rendah. Agar anda bisa tahu apa saja aplikasi itu, mari kita simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Instagram LiteInstagram Lite

Bila ada aplikasi sosial media yang paling banyak menyedot kuota, jawabannya adalah Instagram. Salah satu keuntungannya adalah, Facebook menjadi induk perusahaan dari aplikasi Instagram ini. Sehingga mereka meluncurkan yang namanya Instagram Lite.

Seperti namanya, Instagram Lite mempunyai user interface yang sederhana dan tidak rumit untuk digunakan. Selain itu, ukurannya juga lumayan kecil. Disamping itu, aplikasi ini juga sangat menghemat kuota dan juga RAM smartphone anda. Ada berbagai macam fitur yang terdapat di aplikasi Instagram juga ada di versi Lite. Seperti menelusuri timeline, mengunggah foto, sampai melihat story. Namun ada dua fitur penting yang tidak ada di versi Lite ini. Seperti fitur membagikan video ke story atau timeline dan mengirimkan pesan melalui Direct Message.

Baca Juga: Fitur Terbaru Instagram Stories yang Perlu Anda Ketahui

2. Facebook LiteFacebook Lite

Sampai saat ini Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak di seluruh dunia. Facebook telah memperkenalkan aplikasi ramah yang diberi nama Facebook Lite. Bahkan ukurannya kurang dari 2 MB. Aplikasi Facebook Lite ini telah menghilangkan beberapa animasi visual. Di dalam aplikasi ini juga menerapkan user interface yang lebih simpel dan sederhana. Tujuannya supaya aplikasi ini bisa berjalan dengan baik pada smartphone dengan spek yang rendah sekalipun.

Salah satu hal unik yang terdapat pada aplikasi Facebook versi Lite ini. Walaupun hadir dalam versi Lite, namun hampir semua fitur dan juga aplikasi Facebook yang biasa terdapat di dalam aplikasi ini. Bahkan salah satu hal yang paling bermanfaat dari Facebook Lite ini, pengguna bisa mengakses kontak dari Messenger. Bahkan pengguna tak perlu mengunduh aplikasi Messenger terlebih dahulu.

3. YouTube GoYouTube Go

Aplikasi yang satu ini hampir sama seperti Instagram. YouTube menjadi salah satu media untuk streaming yang paling populer di dunia. Selain itu, aplikasi YouTube juga terkenal boros terhadap kuota. Agar dapat mengatasi keluhan tersebut, akhirnya YouTube merilis versi Lite yang berasal dari aplikasi mobilenya. Kemudian aplikasi ini diberi nama YouTube Go.

Dari versi Lite tersebut sudah terbukti bahwa YouTube Go sangat hemat kuota. Selain itu, aplikasi ini juga bisa berjalan baik pada smartphone dengan spek yang rendah. Disamping bisa dipakai untuk streaming, YouTube Go juga memberikan fitur untuk mengunduh video yang sangat membantu anda.

Tetapi dari semua fitur yang telah ditawarkan YouTube Go, ada satu hal yang menarik perhatian dan dapat dikategorikan sebagai satu hal yang terbaik. Fitur ini bisa memungkinkan pengguna membagikan video yang sudah diunduh melalui koneksi lokal. Jadi pengguna tidak akan terkuras kuotanya.

4. Google Maps GoGoogle Maps Go

Maps Go adalah sebuah aplikasi yang mengusung basis progressive web. Aplikasi ini memerlukan supaya bisa digunakan fitur yang dimiliki oleh Google Maps Go cukup lengkap seperti bisa menghadirkan info mengenai lalu lintas dan juga tentang jadwal dari transportasi umum.

Desain yang diusung oleh aplikasi ini sangat ringan. Jadi, dapat berjalan baik di smartphone meskipun memiliki spek yang rendah. Walaupun demikian, aplikasi Google Maps Go ini masih punya beberapa kekurangan. Seperti jumlah peta yang ditampilkan sedikit dan tidak dapat membagikan info lokasi dengan real time. Selain itu, dari segi navigasi, Google Maps Go tidak menyertakannya. Tetapi pengguna dapat mengunduh Navigation for Google Maps Go di Play Store secara terpisah.

5. Google Go

Google Go

Pihak Google memang akhir-akhir ini sedang gencar merilis berbagai aplikasi versi Lite untuk Android yang sangat ringan. Google Go jadi salah satu aplikasi yang dibutuhkan tersebut. Ini merupakan aplikasi search engine. Dimana para pengguna dapat mencari dan juga menikmati serta membagikan konten atau hal yang ditemukan dengan lebih mudah dan lebih cepat.

User interface dari aplikasi Lite untuk Android yang bernama Google Go hadir dalam bentuk yang simple. Dengan demikian, pengguna dapat menggunakannya dengan lebih mudah. Disamping ringan pada bagian ukuran karena hanya 5 MB saja, Google Go juga sangat bersahabat untuk smartphone dengan spek rendah.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *