Daftar Aplikasi Android Boros Baterai Lengkap dengan Solusinya

Diposting pada

Daftar Aplikasi Android Boros Baterai Lengkap dengan Solusinya – Saat ini hadirnya berbagai aplikasi Android memang bisa memberikan kemudahan. Terlebih lagi sistem operasi Android memang dikenal memiliki banyak aplikasi dengan fungsi yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Tetapi dibalik itu semua, ternyata ada beberapa aplikasi Android boros baterai yang bisa menguras daya baterai pada hp Android anda.

Berbagai Aplikasi Android Boros Baterai dan Cara Mengatasinya

Daftar Aplikasi Android Boros Baterai Lengkap dengan Solusinya

Efek negatif yang ditimbulkan dari aplikasi Android boros baterai ini sering dikeluhkan oleh pengguna Android. Masalah yang satu ini memang sudah jadi masalah klasik bagi hp Android. Biasanya penyebab konsumsi baterai yang boros pada Android adalah adanya aplikasi yang memerlukan beberapa layanan untuk bisa menjalankannya.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi Android yang bisa dibilang boros dalam penggunaan daya baterai. Anda bisa mengetahuinya dan tahu juga bagaimana cara untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Aplikasi Messenger

Aplikasi Messenger

Penguras baterai yang pertama adalah aplikasi Messenger. Ini seringkali digunakan saat melakukan chatting di Facebook. Aplikasi ini bisa mempermudah komunikasi jarak jauh. Sebab aplikasi ini bisa mempersingkat waktu dan aktivitas kerja anda. Sementara itu, fitur yang dihadirkan juga cukup banyak. Tujuannya agar user interface bisa merasakan kenyamanan dari aplikasi ini.

Di sisi lain, ada masalah dari aplikasi Messenger ini. Kemungkinan pengguna Android akan kehabisan ruang yang cukup karena menguras banyak RAM dan juga memori internal. Selain itu, aplikasi ini bisa menguras daya baterai yang cukup banyak. Sebab, proses kerja Messenger perlu space yang banyak.

Solusi dari masalah ini, sebaiknya anda hapus aplikasi Messenger dan menggantinya dengan Facebook Lite. Aplikasi ini lebih ringan dan di dalamnya juga ada fitur Messenger yang tak akan menguras daya baterai anda.

2. Weather Widget

Weather Widget

Seringkali pengguna Android lupa bahwa aplikasi Weather hanyalah pajangan yang membuat tampilan Android anda menarik. Padahal ini bisa memberikan dampak terhadap sistem kerja dari baterai Android. Baterai ponsel anda bisa berkurang dalam waktu lama. Sebaiknya, anda hapus saja aplikasi Weather ini supaya hp Android anda tidak boros baterai dan tidak akan mengurangi ruang penyimpanan pada hp Android anda.

Baca Juga: Cara Memperbaiki HP Mati Total Baterai Tanam di Android Pasti Berhasil

3. Aplikasi Pembersih Sampah

Aplikasi Pembersih Sampah

Mungkin anda ingin menggunakan aplikasi pembersih sampah tambahan. Namun apa daya, ini malah membuat hp Android anda boros baterai. Menggunakan aplikasi ini bisa berakibat daya maksimal baterai hp anda terkuras dan hp bisa ngedrop sesaat.

Tetapi bukan berarti anda tidak boleh memakai aplikasi pembersih sampah ini. Tetapi disarankan anda menggunakan aplikasi pembersih sampah yang merupakan bawaan dari pabriknya saja langsung. Jangan menggunakan aplikasi tambahan.

Sebenarnya pengaruh aplikasi ini tidak terlalu banyak dalam meningkatkan performa Android. Tetapi hanya mengoptimalkan beberapa persen. Sebab yang ditingkatkan adalah kecepatan softwarenya saja. Sementara untuk hardwarenya, anda perlu membongkarnya, lalu membersihkan mesin tersebut dengan baik.

4. Google Maps

Google Maps

Aplikasi boros baterai ini berupa aplikasi peta yang dikeluarkan oleh Google. Memang aplikasi ini dikenal menguras banyak daya baterai saat dijalankan. Mengapa bisa begitu boros? Hal ini karena untuk bisa menjalankan fungsi dari Google Maps ini, anda juga harus menjalankan fitur lokasi agar  bisa melacak lokasi anda. Khususnya saat anda menjalankan fitur penunjuk jalan. Dengan begitu, baterai hp Android anda dijamin bisa cepat terkuras.

Bukan cuma akibat dari dijalankannya fitur lokasi saja, tetapi untuk bisa menjalankan fitur penunjuk jalan di awal proses tracking aplikasi Google Maps membutuhkan proses download source di setiap kondisi jalan agar bisa memberikan rute yang terbaik bagi anda.

5. Netflix

Netflix

Netflix termasuk ke dalam aplikasi penyedia film dan juga acara TV online yang banyak dipakai sekarang ini. Namun sayang, dibalik aplikasi yang menarik ini, nyatanya banyak menguras kapasitas baterai dari hp yang sedang dijalankan.

Pasalnya, saat aplikasi ini berjalan, maka koneksi internet, layar hp dan juga speaker pada hp anda dibuat untuk terus menyala. Tujuannya agar penonton bisa terus melihat film atau acara kesayangan mereka tanpa putus. Kami sarankan bagi anda jika ingin menonton film di aplikasi Netflix, jangan menggunakan aplikasi Android. Akan lebih baik bila anda menggunakan laptop. Meskipun tidak ringkas, namun anda bisa lebih puas sebab tampilannya bisa lebih besar dari saat menggunakan hp.

6. Instagram

Instagram

Aplikasi sosial media yang satu ini termasuk ke dalam aplikasi yang bisa menguras daya baterai pada ponsel Android anda. Kali ini Instagram menjadi pelakunya. Sebagai salah satu aplikasi media sosial, Instagram harus menjalankan berbagai macam notifikasi saat sedang dijalankan. Hal inilah yang membuat konsumsi baterai menjadi boros.

Misalnya, bila anda ingin mengecek timeline, hp Android anda akan dituntut untuk melakukan download foto yang bisa menguras baterai. Terlebih lagi bila anda ingin melihat postingan yang berupa video. Hal ini membuat Instagram menjadi aplikasi Android boros baterai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *