Apa Itu Google Family Link dan Cara Menggunakannya untuk Anak

Diposting pada

Apa Itu Google Family Link dan Cara Menggunakannya untuk Anak – Kemudahan akses internet melalui smartphone memungkinkan kita untuk mendapatkan beragam informasi. Berbagai hal yang ingin kita cari semuanya tersedia di dalam smartphone. Namun, beda halnya jika anak-anak yang menggunakan smartphone, karena bagi yang belum cukup umur ada sejumlah informasi yang selayaknya tidak menjadi konsumsi.

Daripada melarang anak-anak, akan lebih baik jika Anda melakukan pengawasan terhadap mereka. Yang dimaksud yakni mengawasi aktivitas anak-anak saat memakai gadget dan memberi batasan akses terhadap informasi tertentu. Untuk itulah Google menghadirkan alat bantu berupa aplikasi yang bernama Family Link.

Apa Itu Google Family Link dan Cara Menggunakannya untuk Anak

Apa itu Google Family Link dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Pengertian Google Family Link

Google Family Link adalah aplikasi yang membantu Anda untuk mengelola akses anak-anak ketika memakai gadget, dengan menggunakan perangkat yang berbeda. Sehingga, Anda dapat mengatur situs web mana saja yang dapat mereka kunjungi, aplikasi apa yang bisa mereka unduh, hingga berapa jam anak-anak dapat menggunakan gadget mereka.

Google menyediakan fitur pendaftaran pada aplikasi ini untuk pengguna berusia 13 tahun. Sementara, untuk anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun bisa dibuatkan akun oleh orang tuanya.

Sistem Operasi Terdukung untuk Google Family Link

Setelah memahami apa itu Google Family Link, kita akan memelajari sistem operasi yang mendukung aplikasi tersebut. Dibutuhkan dua gagdet untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Yakni gadget orang tua dan gadget anak.

Untuk gadget orang tua bisa menggunakan tablet Android yang menjalankan OS Android 4.4 Kitkat ke atas, atau iPhone atau iPad dengan iOS 9 ke atas. Sementara, gadget anak harus merupakan perangkat yang relatif paling baru, mengingat Google Family Link dapat dijalankan pada OS Android 7.0 Nougat ke atas.

  1. Pastikan perangkat Anda mendukung sistem operasi seperti yang sudah disebutkan tadi, serta Anda harus memiliki akun Google. Jika belum mempunyai akun Google maka Anda bisa membuatnya terlebih dulu.
  2. Unduh aplikasi Google Family Link dari Google Play Store pada perangkat orang tua.

Download Google Family Link di Playstore

  1. Setelah mendaftar akun sebagai pengawas atau orang tua, Anda bisa membuat akun untuk anak-anak atau memasukkan email anak anda jika sudah ada.

Memasukkan Akun anak

  1. Perlu diingat bahwa perangkat Android untuk anak harus melakukan reset pabrik terlebih dulu agar dapat mengatur aplikasi Google Family Link. Anda bisa membuka Pengaturan, pilih Pengaturan Umum, pilih Atur Ulang. Ketuk pilihan Pengembalian Data Pabrik, lalu gulir ke bawah untuk mengetuk tombol Reset. Proses pengaturan ulang pun dimulai.
  1. Langkah selanjutnya dalam memahami apa itu Google Family Link dan cara kerjanya, adalah dengan membuatkan akun untuk anak Anda. Masuklah ke aplikasi dengan alamat email anak beserta kata sandinya. Jika perangkat yang sudah mengaktifkan sebuah akun Google, atau menjalankan OS Android 5.0 atau 6.0, buka Pengaturan > Pengguna & Akun > Hapus Akun untuk menghapus akun yang sudah ada. Lalu kembali ke halaman sebelumnya, ketuk Tambah Akun dan masuk dengan informasi akun anak Anda.

Masuk mengunakan akun anak

  1. Anda kemudian harus masuk dengan akun Google milik sendiri, memberikan akses izin untuk orang tua, lalu mengelola akun anak. Untuk membuat akun Google anak harus ada izin dari orang tua. Salah satu cara untuk memberikan persetujuan adalah dengan menggunakan kartu kredit.
  1. Buka aplikasi Google Family Link dan ketuk nama anak Anda untuk menggunakan berbagai kartu yang tersedia, seperti Aplikasi, Batas Harian, Waktu Tidur dan masih banyak lagi. Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa melakukan pengaturan melalui aplikasi web di families.google.com.

Buka aplikasi Google Family Link

Tidak sulit, bukan? Demikianlah informasi mengenai apa itu Google Family Link dan cara menggunakannya untuk anak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *